Minggu, 11 Mei 2008

ARCHITEKTURE

Lantai kaca untuk uji nyali di Skydeck, Tower Sears, Chicago

Tidak bisa kami bayangkan ketakutan kami bila harus berdiri diatas sebuah lantai kaca yang berada di atas ketinggian 103 lantai dengan pemandangan langsung ke bawah.

Sebuah "permainan" baru yang bisa membuat jantung copot di SkyDeck, Tower Sears, Chicago, Amerika.

"Permainanan" ini cukup sederhana kok, anda cukup perlu berdiri di sebuah kotak yang terbuat dari kaca yang diletakkan di luar jendela di atas ketinggian 412 m.

Kalau masih ingin membayangkan bagaimana rasanya, setahu kami di salah satu mal di Jakarta juga ada lantai kaca seperti ini dengan pemandangan langsung ke lantai dasar. Bedanya ini jauh lebih pendek. :D


________________________________________________________________

Hotel di bawah laut terbesar berada di Dubai










Satu lagi "keajaiban" yang akan dibuat oleh negara Dubai selain gedung tertinggi di dunia yang pernah kami bahas sebelumnya.


_____________________________________________________________

Gedung Tertinggi

















Negara Timur Tengah sepertinya sedang berlomba-lomba untuk menjadi negara yang ter-apapun di dunia.

Setelah sebelumnya di Dubai dibangun gedung tertinggi di dunia dengan nama Burj Dubai (sekitar 800 meter), Kuwait akan "menyalip" rekor Burj Dubai dengan gedungnya yang diberi nama Burj Mubarak Al-Kabir.

Gedung yang terletak di Madinat Al-Hareer rencanya akan dibangun setinggi 1.001 meter.

Rencananya gedung tersebut akan selesai dalam waktu 25 tahun dengan biaya sekitar 85 miliar dollar (maaf, kami tidak sanggup menghitungnya dalam rupiah karena angka NOLnya terlalu banyak). Lama banget yah??? Selanjutnya...


______________________________________________________________



Gedung Yang Berputar dan RAMAH..











baca selanjutnya....




______________________________________________________________

Teknik Sosrobahu

Teknik Sosrobahu merupakan teknik konstruksi yang digunakan terutama untuk memutar bahu lengan beton jalan layang dan ditemukan oleh Tjokorda Raka Sukawati. Dengan teknik ini, lengan jalan layang diletakkan sejajar dengan jalan di bawahnya, dan kemudian diputar 90° sehingga pembangunannya tidak mengganggu arus lalu lintas di jalanan di bawahnya.

Teknik ini dianggap sangat membantu dalam membuat jalan layang di kota-kota besar yang jelas memiliki kendala yakni terbatasnya ruang kota yang diberikan, terutama saat pengerjaan konstruksi serta kegiatan pembangunan infrastrukturnya tidak boleh mengganggu kegiatan masyarakat kota khususnya arus lalu-lintas dan kendaraan yang tidak mungkin dihentikan hanya karena alasan pembangunan jalan. (selengkapnya)



_______________________________________________________________


Hotel yang lantainya dapat berputar


Kalau berbicara tentang restoran yang lantainya bisa berputar sih, di Jakarta juga sudah ada tapi bagaimana dengan hotel yang tiap kamarnya bisa berputar 360° ?

Semoga saja rencana pembangunan hotel yang bisa berputar akan segera terealisasi dan kita bisa menikmati pemandangan di sekeliling hotel setiap saat tanpa harus berputar. selengkapnya...


_______________________________________________________________

The Interface : Bangunan Apartemen dengan sistim atap hijau dan Passive solar



The Interface dari OMA adalah sebuah gedung apartemen yang rencananya akan di bangun di Singapura.

The Interface selain mempunyai bentuk yang unik, gedung ini juga menggunakan teknologi passive solar dan sistim Atap Hijau (Green Roof). selengkapnya...




________________________________________

Konsep Rumah Jawa


Bangunan adat rumah jawa

Rumah Jawa

Di dalam masyarakat Jawa, baik sebagai sentana, abdi maupun kawula dalem, walaupun tidak tertulis, secara tradisional tidak dibenarkan melakukan pelanggaran terhadap pranata-pranata sosial masyarakat. Misalnya tata aturan sopan santun, tingkah laku, gaya hidup, tata cara pergaulan dan rumah tempat tinggal pun termasuk dalam aturan tersebut dan dibuat secara hierarkis.

Dalam interaksi sosial, misalnya kawula dalem sering merasa sulit untuk dapat bergaul secara bebas dan langsung dengan sentana atau abdi dalem tingkat tinggi. Di lain pihak para sentana dan abdi dalem tersebut sering bertindak mempertinggi diri dan menjaga ketertiban stratifikasi sosial secara ketat. (selengkapnya)


Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar